Tentang Pro-U Media

My photo
Kami sebuah penerbit buku-buku islami yang insya Allah terus berupaya menggugah dan menginspirasi hidup Anda. Terus mencerahkan dan mencerdaskan umat dan bangsa. Berdiri pada 2003 di Yogyakarta, sebagai wadah para aktivis masjid dn kampus. Pro-U Media berdiri dengan mengedepankan gagasan; bukan nama besar penulis. Penulis-penulis yang bergabung ke Pro-U mayoritas memulai dari nol.

Friday, December 14, 2007

Wasiat Qur'ani Aktivis Harakah

Al bannaImam Hasan al-Banna; nama yang tidak asing dalam gerakan dakwah dan pemikiran Islam kontemporer. Banyak ide-idenya tetap hidup dan relevan, meski sang Imam telah lama dipanggil ke hadirat Allah Ta’ala. Salah satu mutiara ilmu yang diwariskan Hasan al-Banna adalah tafsir al-Qur’an al-Karim.
Di kalangan aktivis dakwah sendiri pembicaraan tentang kajian tafsir Hasan al-Banna belum sebanyak pembicaraan tentang pandangan beliau secara umum tentang Islam secara umum, dakwah, tarbiyah, atau siyasah. Bias jadi, ini disebabkan Hasan al-Banna belum sempat menyelesaikan satu penafsiran utuh dari seluruh ayat-ayat al-Qur’an dalam satu kitab tafsir lengkap (berbagai ujian dan tekanan politiklah yang mengharuskan beliau menghentikan aktivitas menulis tafsir di beberapa media cetak). Selain itu, tarbiyah Qur’aniyah yang beliau lakukan pun dituliskan di media cetak berbeda-beda, sehingga warisan al-Banna dalam tafsir Qur’an nyaris menjadi barang asing.
Buku ini merupakan buah kerja keras Jam’ah Amin ‘Abdul ‘Aziz dalam mengumpulkan, meneliti, dan menulis ulang mozaik tafsir-tafsir Imam Hasan al-Banna semasa hidup. Berbeda dengan kitab tafsir pada umumnya, warisan ini terbilang amat ringkas: beliau hanya sempat membicarakan tiga surat al-Qur’an. Meski demikian, keringkasan itu telah membuka cakrawala pembacanya tentang wajah Islam yang syamil. Tidak berlebihan jika Ustadz Muhammad Mahdi ‘Akif (Mursyid ‘Am ke-7 Ikhwanul Muslimin) menyebut buku ini “Sarat dengan solusi, relevan dengan berbagai persoalan yang dihadapi umat Islam, laksana proyektor sejarah yang menerangi jalan menuju Allah SWT.”

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan tebarkan pesan memesonamu di sini ya...